SELAMAT DATANG DI BLOG LUKAS ( LUXURY KINGDOM ARTICLE'S)

MAU DOWNLOAD SESUATU ??

Photobucket

Apakah BLOG ini bermanfaat ?

Sabtu, 21 November 2009

Sejarah Sepak Bola Inggris, Nenek Moyang Sepak Bola




Inggris, negara nenek moyang sepak bola modern.
Pada 1581, Richard Mulcaster, seorang kepala sekolah Merchant’s Taylor dan St. Paul di Inggris, yang sedikit banyak yang terpengaruh peraturan permainan Calcio terinspirasi untuk menjadikan sepak bola di Inggris sebagai olahraga dan permainan yang menghibur.
Manfaat yang bisa diambil dari permainan sepak bola menurut Mulcaster dalam buku “Positions Wherein Those Primitive Circumstances Be Examined, Which Are Necessarie for the Training up of Children” pada tahun 1582 :
Permainan sepak bola, yang telah begitu populer, dan begitu banyak dimainkan di mana saja seharusnya tidak disalahgunakan. Sepak bola memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kekuatan tubuh. Tidak seperti sekarang ini, di mana sepak bola hanya mengandalkan nafsu dan insting primitif, yang hanya mengakibatkan banyak jatuh korban sia – sia. Mari kita tinggalkan cara – cara permainan seperti itu. Sepak bola memiliki manfaat yang besar untuk melatih kesehatan dan saya melihat pentingnya peran seorang pelatih yang bisa mengarahkan para pemain. Saya berharap sepak bola memiliki peraturan yang jelas dan tegas dan ada seorang wasit sebagai pemimpin pertandingan yang memastikan peraturan ditegakkan, yang memiliki kekuasaan mutlak serta dihormati oleh semua pihak yang bertanding.”
Di tulisan itu, Mulcaster menunjukkan istilah penting dalam sepak bola seperti sides (pihak/tim), trayning maister (pelatih), dan referee (wasit). Karena pengaruh itu, Mulcaster mendapat julukan sebagai the greatest sixteenth century advocate of football.
Pada 1801,seorang penulis Inggris Joseph Strutt menulis buku, buku ini mendeskripsikan tentang permainan sepak bola yang dimainkan tahun 1700 di Inggris. “The Sports and Pastimes of the People of England. Penulis menyebutkan permainan dengan dua tim berjumlah sama bermain di lapangan 80 – 100 yard, dan masing – masing tim mempertahankan gawangnya selebar 1 yard. Di dalam bukunya disebutkan tentang aturan dasar sepak bola dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawannya, dan siapa yang pertama berhasil melakukannya, maka tim tersebut yang menang  The ball, which is commonly made of a blown bladder and cased in leather, is delivered in the midst of the ground, and the object of each party is to drive it trough the goal of their antagonnis, which bring achieved, the games is won”. Pada saat inilah, tampaknya satu peraturan sepak bola diberlakukan membuat era baru sepak bola di Inggris pada abad ke 19. Ketika banyak klub bermunculan, Ebenezer Cobb Morley mencetuskan ide positif, yaitu dengan membentuk asosiasi sepak bola. Setelah berunding dalam pertemuan – pertemuan, menghasilkan peraturan baku yang ditetapkan dan juga menghasilkan FA ( Football Association dan juga Ebenezer Cobb Marley dikenal sebagai Father of the Football Association. FA Cup adalah kejuaraan tertua di dunia. Dan itu menghasilkan Football League yang merupaka cikal bakal beridinya “EPL” English Premiership League. Pertandingan Football League terjadi pada tanggal 8 September 1888 yang diikuti 12 klub, yaitu :
            ~ Accrington
            ~ Aston Villa
            ~ Blackburn Rovers
            ~ Bolton Wanderers
            ~ Burnley
            ~ Derby Country
            ~ Everton
            ~ Notts Country
            ~ Preston North End
            ~ Stoke City
            ~ Wes Bromwich Albion
            ~ Wolverhampton Wanderers.
Juara Football League pertama yaitu klu Preston North End, yang pada saat itu merupakan klub sepak bola terkuat di Inggris. Preston North End juara dengan status tak terkalahkan, dan juga berhasil mendapatkan gelar FA Cup pada tahun yang sama. Format Football League pada akhirnya sekarang ini digunakan sebagai model acuan bagi sistem kompetisi di berbagai negara yang mengadopsi permainan sepak bola.
PERATURAN PENTING SEPAK BOLA sampai 1898 :
  1. Jumlah pemain untuk setiap tim, ditetapkan pada 1870, yaitu 11 orang untuk setiap tim.
  2. Luas Lapangan
  3. Standarisasi bola yang digunakan, yaitu hanya memakai bola kulit berisi udara.
  4. Perlengkapan pertandingan, seperti : pelindung tulang kering yang diperkenalkan 1874, mistar gawang pada tahun 1875, peluit untk wasit yang dipakai pertama kali 1878, dan pemakaian jaring untuk gawang yang diperkenalkan 1890.
  5. Peran wasit. Pada 1892 ditambah dengan 2 asisten wasit.
  6. Durasi pertandingan, ditetapkan pada 1877, yaitu 90 menit
  7. Metode perhitungan skor
  8. Peraturan offside yang banyak dipertanyakan karena perbedaan pendapat sampai tahun 1866 offside dibakukan. Dan digunakan sampai 1925 sampai adanya perubahan.
  9. Pelanggaran dan hukuman lainnya
  10. Tendangan penalti pada 1891, bagi yang melanggar di kotak penalti.
Inilah mengapa Inggris disebut sebagai nenek moyang sepak bola modern, karena banyak hal yang di adopsi dari permainan sepak bola sekarang dari permainan di Inggris. Dan dari sinilah permainan sepak bola berkembang dengan pesat, dan membuat tersebarnya permainan sepak bola ke seluruh dunia termasuk Brazil dengan peraih juara World Cup terbanyak sampai saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Walaupun komentar itu menyakitakan atau perih ataupun menyenangkan selama masih ada hubungannya dengan BLOG ini. Saya berusaha untuk secepatnya membalas komentar anda. Saya berharap isi BLOG ini berguna untuk anda.
Terima Kasih.

 

Copyright 2009, modif by : Lukas Cahyadi Gunawan