SELAMAT DATANG DI BLOG LUKAS ( LUXURY KINGDOM ARTICLE'S)

MAU DOWNLOAD SESUATU ??

Photobucket

Apakah BLOG ini bermanfaat ?

Kamis, 19 November 2009

Italia, negara asal sepak bola


Italia menjadi pelopor pada abad pertengahan. Permainan sepak bola yang lebih beradab dan menarik .
CALCIO
Florence, Italia pada abad ke 16 menyelenggarakan festival yang diadakan di Piazza della Novere. Permainan o calcio storico ( sepak bola historis ) di tampilkan disini. Diperkirakan permainan ini muncul dari latihan militer. Pada 17 Februari 1530, pasukan dari Prancis menyerang dan mengepung kota Florence. Penduduk kota setempat kemudian mengorganisir suatu permainan Calcio sebagai bentuk perlawanan damai. Permainan ini juga bertujuan menunjukkan persatuan warga dari tekad warga kota Florence untuk tetap menyelenggarakan festival pada Februari.
Saat itu memang Calcio masih termasuk olahraga keras. Tetapi berbeda dengan Inggris, di Italia permainan sudah lebih beradab. Misalnya dengan membatasi jumlah pemain, tempat pertandingan yang telah ditentukan , serta kostum warna – warni yang dikenakan para pemain, dan juga sering dimeriahkan permainan musik atau okestra sehingga Calcio dapat dikatakan sebagai tontonan yang lebih menarik. Satu tim terdiri dari 27 orang, yang masih memperbolehkan tangan atau kaki untuk memainkannya. Peraturan intinya adalah bola harus terus bergerak, jika bola berhenti maka permainanjuga dihentikan, kemudian diteruskan kembali. Karena populernya permainan ini, petinggi Italia pun sering bermain ini, Tahta Suci Vatikan seperti Paus Clement VII, Paus Leo IX, dan Paus Urban VII. Calcio dianggap sebagai cikal bakal permainan sepak bola modern yang telah mengenal peraturan ketika pada 1580 Count Giovani de Bardi di Vernio membukukan serentetan peraturan yang mengatur permainan Calcio, yang ditulis di buku Discorso sopra I giuoco del Calcio Fiorentino. Yang merupakan peraturan baku tertulis pertama permainan sepak bola.
Pada 1581, Richard Mulcaster, seorang kepala sekolah Merchant’s Taylor dan St. Paul di Inggris, yang sedikit banyak yang terpengaruh peraturan permainan Calcio terinspirasi untuk menjadikan sepak bola di Inggris sebagai olahraga dan permainan yang menghibur.
Manfaat yang bisa diambil dari permainan sepak bola menurut Mulcaster dalam buku “Positions Wherein Those Primitive Circumstances Be Examined, Which Are Necessarie for the Training up of Children” pada tahun 1582 :
Permainan sepak bola, yang telah begitu populer, dan begitu banyak dimainkan di mana saja seharusnya tidak disalahgunakan. Sepak bola memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kekuatan tubuh. Tidak seperti sekarang ini, di mana sepak bola hanya mengandalkan nafsu dan insting primitif, yang hanya mengakibatkan banyak jatuh korban sia – sia. Mari kita tinggalkan cara – cara permainan seperti itu. Sepak bola memiliki manfaat yang besar untuk melatih kesehatan dan saya melihat pentingnya peran seorang pelatih yang bisa mengarahkan para pemain. Saya berharap sepak bola memiliki peraturan yang jelas dan tegas dan ada seorang wasit sebagai pemimpin pertandingan yang memastikan peraturan ditegakkan, yang memiliki kekuasaan mutlak serta dihormati oleh semua pihak yang bertanding.”
Di tulisan itu, Mulcaster menunjukkan istilah penting dalam sepak bola seperti sides (pihak/tim), trayning maister (pelatih), dan referee (wasit). Karena pengaruh itu, Mulcaster mendapat julukan sebagai the greatest sixteenth century advocate of football.
Sampai saat ini nama Calcio masih digunakan untuk kompetisi sepak bola Liga Italia (Lega Calcio).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Walaupun komentar itu menyakitakan atau perih ataupun menyenangkan selama masih ada hubungannya dengan BLOG ini. Saya berusaha untuk secepatnya membalas komentar anda. Saya berharap isi BLOG ini berguna untuk anda.
Terima Kasih.

 

Copyright 2009, modif by : Lukas Cahyadi Gunawan